MUSRENBANG KECAMATAN JATIKALEN


 2020-02-10 |  KECAMATAN JATIKALEN

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat desa atau kelurahan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari desa, serta menyepakati rencana kegiatan lintas desa dikecamatan yang bersangkutan. Masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada SKPD yang berwenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah pada tahun berikutnya.

Lembaga penyelenggara Musrenbang kecamatan dan Bappeda. Kecamatan bertugas untuk menyiapkan teknis penyelenggaraan Musrenbang kecamatan serta mempersiapkan dokumen Rancangan Rencana Pembangunan Kecamatan. Bappeda bertugas untuk mengorganisasi penjadwalan seluruh Musrenbang kecamatan, mempersiapkan Tim Pemandu,dan dokumen-dokumen Musrenbang kecamatan.

Unsur-unsur yang dilibatkan dalam musrenbang kecamatan terdiri dari:

  1. Bappeda
  2. Plt Camat Kecamatan Jatikalen,
  3. Kepala Desa se-Kecamatan Jatikalen,
  4. Kepala-Kepala Cabang SKPD di Kecamatan,
  5. Kepala-Kepala Unit Pelayanan di kecamatan,
  6. Anggota DPRD dari Wilayah Pemilihan Kecamatan,

Tujuan Musrenbang;

  1. Membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan
  2. Membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa.
  3. Menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi SKPD kabupaten.